Ciri – Ciri Kucing Keracunan

Kucingcantik.com – Kucing merupakan hewan yang dapat di katakan mau memakan apa saja. Oleh sebab itu perhatikan apa saja yang di konsumsi. Tentu tidak mau bukan, jika si kucing mengkonsumsi makanan yang salah. Karena bisa saja mengakibatkan kucing keracunan.

Bahkan keracunan tidak hanya saja dari makanan saja. Bisa saja kucing keracunan akibat menjilati tubuhnya sendiri, obat tikus, kecoa, kadal, kodok, tikus, dan makanan lainnya.

Kalau kucing kamu di rumah mengalami seperti selain di bawah ke dokter. Kita juga mengobati kucing yang keracunan dengan cara tradisonal, misalnya air kelapa mudah. Atau juga bisa dengan obat, salah satunya amoxilin, norit, dan obat apotik lainnya.

A. Ciri-Ciri Kucing Keracunan

Lantas bagaimana cara mengobati kucing keracunan ? Nah sebelum anda tau cara mengatasinya, tidak ada salahnya juga mengetahui ciri-ciri kucing keracunan, seperti.

1. Gusi dan Lidah Kebiruan

Salah satu tanda fisik dari kucing yang mengalami keracunan adalah gusi dan lidahnya menjadi kebiruan.

Kenapa bisa begitu ? Ini karena organ dalam tubuh kucing tidak dapat bekerja secara maksimal.

Sehingga oksigen yang terdapat di dalam tubuh kucing tidak bisa mengair dengan sempurna, alhasil tubuh kucing menjadi kebiruan.

2. Diare

Ciri kucing keracunan selanjutnya adalah terkenanya masalah pencernaan yaitu diare. Ini terjadi akibat makanan atau minuman yang tidak dapat di cerna oleh tubuh si kucing.

Namun di sini anda tidak bisa menjadikan diare sebagai patokan dalam menebak apakah kucing kamu benar-benar keracunan atau tidak.

3. Muntah

Ciri - Ciri Kucing Keracunan

Muntah juga bisa menjadi salah satu pertanda kucing mengalami keracunan.

Sama seperti diare, lambung kucing tidak bisa mencerna makanan atau minuman yang masuk secara sempurna. Sehingga kucing mengeluarkan kembali.

4. Kondisi kucing terlihat lemah

Kucing yang tadinya aktif namun berubah nampak lemas dan malas bergerak, bisa jadi sedang mengalami masalah.

Yakni tubuh kucing tidak bisa menerima makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini lah yang membuat kucing lemas dan malas bergerak karean tidak memiliki energi.

5. Susah bernafas

Selain makanan, kulita atau udara yang masuk ke dalam tubuh kucing juga bisa menjadi penyebab kucing mengalami keracunan.

Kucing susah bernafas, biasanya di sebabkan oleh keracunan udara yang berasal dari asap, obat nyamuk, obat semprot yang tidak sengaja terkena si kucing.

6. Sering buang air kecil

Kucing yang sering buang air kecil, juga bisa menjadi pertanda kalau dia sedang mengalami keracunan. Jadi, sebagai pemilik jangan menyepelekan ya.

7. Air liur lebih banyak

Tanda-tanda kucing keracunan selanjutnya adalah kucing banyak mengeluar air liur.

Ini karena tubuh si kucing sedang lemah, sehingga menjadikan tubuh si kucing tidak dapat mengontrol banyaknya air liur yang keluar.

B. Cara Mengobati Kucing Keracunan

Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Berikut beberapa tips ampuh yang bisa kalian gunakan untuk mengobati kucing keracunan.

1. Identifikasi racun

Salah satu cara mengidentifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh si kucing adalah dengan kamu mengingat benda atau makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh si kucing.

Dengan kamu tau penyebab si kucing mengalami keracunan. Maka kamu tau penanganan seperti apa yang harus kamu lakukan.

2. Tempatkan kucing di area yang udaranya bagus

Kucing kamu mengalami keracunan udara ? Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menempatkan kucing di udara yang sejuk dan bagus.

Namun, si kucing jangan di tinggalkan. Kamu harus terus mengawasinya. Siapa tau si kucing memberikan ciri-ciri keracunan lainnya.

3. Berikan air kelapa, dan kuning telur

Seperti yang kita ketahui, jika air kelapa memiliki fungsi untuk menetralkan racun. Sedangkan kuning telur mentah berguna mencerna racun dan menetralkan juga.

4. Buat kucing muntah

Kucing kamu terkena racun ? Kamu bisa mengatasinya dengan mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh kucing.

Namun kamu harus pastikan terlebih dahlu, jenis racun apa. Karena ada tipe racun yang tidak boleh di muntahkan ada ada yang sebaliknya yaitu boleh.

Jenis racun yang tidak boleh di muntahkan yaitu racun asam dan basa. Jika kedua racun tersebut dimuntah, justru akan memperburuk kondisi si kucing.

Namun, jika ada jenis racun lain yang mengharuskan di muntahkan. Kamu bisa menggunalan hidrogen peroksida 3%, dengan dosis 2-4 ml per kilo berat dari kucing kamu.

5. Bersihkan sumber dan sisa racun

Jika kamu sudah mengetahui apa penyebab dari kucing kamu yang mengalami keracunan, kamu bisa menjauhkan benda atau makanan yang menyebabkan si kucing keracunan.

Artikel Menarik Lainnya
Ciri-ciri Kucing Demam Flu
Ciri-ciri Kucing Mau Lahiran
Ciri-Ciri Kucing Hamil Pertama
Ciri-Ciri Kucing Sakit Cacingan
Ciri-Ciri Bayi Kucing Mau Mati
Ciri-Ciri Kucing Cacingan dan Obatnya
Ciri-Ciri Kucing Rabies
Ciri-Ciri Kucing Mengalami Setres
Tanda- Tanda Kucing Keguguran

Itulah beberapa ulasan mengenai ciri – ciri kucing keracunan. Semoga ulasan di atas bermanfaat yaa !

Tinggalkan komentar